Peran Telematika

5 Jan

Peran telematika dalam kehidupan sehari – hari khusunya pada bidang pendidikan antara lain :

  1. Video Teleconference
    Video teleconference memungkinkan mahasiswa atau dosen malakukan komunikasi jarah jauh tanpa bertemu secara langsung. Cakupannya luas, dengan teknologi ini kita bisa berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia. Dapat digunakan juga untuk berdiskusi, bertukar pendapat dan bekerja sama yang sifatnya social.
  2. Pendidikan dan pelatihan jarak jauh dalam cyber system
    Pendidikan dan pelatihan jarak jauh via cyber system dapat memudahkan komunikasi, menghemat biaya akomodasi dan transportasi, dan menghemat waktu. Diharapkan dengan teknologi ini pertukaran informasi dapat terjangkau diseluruh daerah guna meningkatkan SDM dan keterampilan professional di Indonesia.
  3. Perpustakaan elektronik (E-Library)
    Perpustakaan konvensional biasa menyimpan buku di rak-rak dengan dibantu sebuah computer sebagai database perpustakaan. Dengan konsep E-Library, ditambah internet maka perpustakaan bisa menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah datu pperpustakaan yang terbesar didunia dengan teknologi informasi mang memungkinkan dapat mengakses data perpustakaan melalui internet.
  4. Surat elektronik (E-Mail)
    Untuk dapat berhubungan biasa orang mengirim pesan SMS atau telepon menggunakan handphone. Dengan internet, tidak hanya mengirim pesan atau telepon tapi mengirim data file gambar dan video juga bisa dilakukan lewat E-Mail. Banyak provider E-Mail yang melayani  seperti Yahoo dan Gmail.
  5. Ensiklopedia
    Diharappkan ensilkopedia masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga berisi juga video dan audio yang sifatnya dinamis. Dan data informasi tsb dimuat dalam internet sehingga mudah diakses oleh kalangan public.
  6. Sistem distribusi bahan secara elektronik (digital)
    Dengan system ini, distribusi bahan hingga ke daerah terpencil dapat teratasi. Bagi guru yang berdinas di daerah sarana untuk mengakses bahan menjadi tidak masalah karena dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki kantor pos yang menyediakan jasa internet.
  7. Dokumen elektronik (E-Document)
    Ilmu pengetahuan yang tersimpan dalam bentuk dokumen tercetak dalam buku selain susah untuk diakses juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Konsep E-Library dapat mengatasi permasalahan ini.

Sumber :

 http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/10/pengantar-telematika-30/

Leave a comment